Inilah 5 Negara dengan Jumlah Militer Udara Terkuat di Dunia
Inilah 5 Negara dengan Jumlah Militer Udara Terkuat di Dunia

Kesuksesan misi tempur yang dilakukan suatu negara tidak hanya ditentukan dari strategi maupun sumber daya tentaranya saja. Tetapi juga ditunjang oleh bantuan dari angkasa melalui keberadaan militer udara negara tersebut. Bantuan yang diberikan militer udara dapat berupa pemetaan hingga langsung bertempur dengan pesawat lawan.

Satuan militer yang pertama kali diperkenalkan di Perancis pada 1910 ini menjadi bagian militer yang difasilitasi dan paling vital. Garda utama Angkatan Udara adalah melancarkan angkatan darat dan laut ketika peperangan tengah berlangsung, baik dalam hal pemetaan, pemberian bantuan, maupun melumpuhkan pesawat musuh.

Negara dengan Jumlah Militer Udara Terkuat di Dunia

Berdasar pada data pkv games sepanjang tahun 2019 yang diperoleh Global Fire Power, inilah 5 negara dengan jumlah angkatan udara terkuat di dunia. Simak berikut ini!

United States of America (AS)

Angkatan Udara Amerika Serikat (USAAF). Awalnya, USAF yang dibentuk pada 18 September 1947 adalah bagian dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Dengan estimasi 2.141.900 personel dan 13.762 total kekuatan udara, militer negara superpower ini menduduki peringkat tertinggi dan menjadi militer udara terkuat di dunia. Bahkan, USAF digadang-gadang akan tetap menduduki posisi pertama militer udara terkuat di dunia.

Sebagai armada militer udara terkuat di dunia, pesawat yang dimiliki USAFjauh lebih banyak dibanding gabungan pesawat angkatan udara di 5 negara. Secara total kepemilikan pesawat multirole, Amerika jauh lebih unggul dari negara-negara lain dengan jumlah pesawat sebanyak 266. Serta yang paling menakjubkan lagi, 800 pangkalan militer USAF tersebar di luar Amerika.

Russia

Dengan kapasitas udara berjumlah 3.794, Russian Air Force (RAF) menduduki peringkat kedua militer udara terkuat di duniasetelah Amerika. RAF sendiri sudah berkali-kali mengganti nama sehinggamulai dapat dicari pada tahun 1912. Setelahmenggabungkan diri dengan sebuah militer pertahanan Rusia, RAF mempunyai beberapa jenis pesawat serta helikopter, dan memiliki pengebom yang dibangun di daerah sekitar perbatasan.
RAF yang merupakan Angkatan Udara tertua di Asia memiliki persenjataan modern seperti pesawat tempur seri Sukhoi generasi kelima dan berupaya meng-upgrade pesawat tersebut ke generasi berikutnya.

China

Berkekuatan udara dengan total 2.955, negara berpenduduk padat ini menduduki peringkat ketiga militer udara terkuat di dunia. Armada China ini dibentuk pada tahun 1947 dengan nama People’s Liberation Army Air Force (PLAAF). PLAAF sendiri merupakan cabang dari armada tentara China.

PLAAF telah melalui evolusi yang luar biasa dengan bukti berhasil menduduki kategorimiliter udara terkuat di dunia setelah meraih kemenangan revolusioner melawan Republik China (sekarang Taiwan). Keberhasilan PLAAF juga dibuktikan dengan menduduki peringkat pertama Angkatan Udara terbesar di Asia.

Saat ini, PLAAF memiliki beberapa tipe pesawat dan helikopter lebih dari dua ribu unit. Uniknya, semua persenjataan tersebut merupakan buatan China sendiri, dengan diberi nama seri J. Sedangkan helikopter serang modern dinamai dengan awalan Z. Disamping itu, China juga memiliki sejumlah pesawat Rusia.

India

Memiliki 140.139 pasukan, Angkatan Udara India (IAF) berhasil memasuki kategori militer udara terkuat di dunia. Hubungan antara India dan Rusia sejak dahulu menjadikan militer India lebih unggul. Maka tak heran apabila sejumlah persenjataan IAF merupakan buatan Rusia. Bahkan pada tahun 2004, sebanyak 70% perangkat militer milik India dipasok oleh Rusia. Akan tetapi, AS juga menyebut India merupakan mitra pertahanan utama, sehingga dalam waktu dekat akan terdapat multirole Amerika di armada IAF.

Aset yang sebagian besar berasal dari Rusia, Perancis, USA, dan Inggris menggiring IAF terlibat dalam 5 perang dengan negara-negara tetangga seperti Pakistan (4 kali) dan China (1 kali). Namun India juga sempat membuat sendiri pesawat militer tempur yang diberi nama HAL Tejas dan akan membuat pesawat tempur generasi kelima seri Sukhoi bersama Rusia. Selain itu, dikabarkan pula bahwa India akan meng-upgrade armada Su-30 MKI menjadi standar Super Sukhoi.

Inggris (UK)

Tepat setelah Perang Dunia I usai, Inggris membuatmiliter udara yang disebut Angkatan Udara Royal (RAF). Peran RAF ketika melawan para nazi di Jerman membuktikan bahwa armada UK tersebut sempat menjadi militer udara terkuat di dunia.

Kepemilikan RAF pada berbagai macam pesawat dan helikopter menjadikannya salah satu militer udara terkuat di dunia. Saat ini, RAF yang juga independen air force tertua memiliki jumlah pasukan sebanyak 33.240 dan sejumlah markas di Britania Raya, Kepulauan Falkland, Spirus, Malaysia, dan Gibraltar.

Itulah ulasan mengenai negara dengan militer udara terkuat di dunia sepanjang tahun 2019. Lantas, bagaimana dengan militer di Asia Tenggara? Nantikan artikel selanjutnya, ya!