6 Negara Asia Tenggara dengan Kekuatan Militer Terbaik
6 Negara Asia Tenggara dengan Kekuatan Militer Terbaik

Sebuah negara wajib memiliki angkatan militer guna menjaga keamanan dan kedaulatan. Keberadaan militer juga menjadi salah satu lambang kekuatan sebuah negara yang tidak boleh disepelekan. Kekuatan militer yang diakui dunia bisa memberikan prestise tersendiri serta meminimalisir risiko gangguan keamanan dari dalam atau luar. Sebagai salah satu negara ASEAN, Indonesia memiliki pertahanan negara yang kuat lho! Tak percaya? Yuk, simak 6 negara Asia Tenggara terkuat berikut ini!

Indonesia

Ternyata posisi pertama negara Asia Tenggara terkuat digenggam oleh negara tercinta Indonesia. Kekuatan TNI di Indonesia tidak boleh dipandang sebelah mata hingga diakui nomor satu di ASEAN. Indonesia memiliki potensi kemampuan menciptakan perang di udara, darat dan laut dari segi kesiapan senjata konvensional.

Tak hanya peralatan perang mencakup tank, proyektor roket, helikopter, kapal patrol, kapal perang besar, dan lain-lain, kemampuan personel TNI juga telah mendapatkan banyak penghargaan internasional. Total jumlah TNI aktif di Indonesia sekitar 400 ribu personel dan 400 ribu personel cadangan. Tak heran Indonesia masuk peringkat 15 sebagai negara militer terkuat di dunia versi Global Fire Power.

Vietnam

Negara Asia Tenggara terkuat nomor dua dipegang oleh Vietnam. Vietnam memiliki lebih 5 juta personel militer dengan jumlah personel aktif sekitar 482 ribu jiwa. Total kekuatan yang dimiliki oleh Vietnam mencakup tank sebanyak 2.575, 2.530 kendaraan, 470 artileri, 150 proyektor roket, 26 kapal patroli, dan lain-lain.

Dengan dana pertahanan tahunan mencakup US$ 3.365.000.000 atau sekitar 47.9 triliun rupiah, Vietnam masuk dalam kategori negara terkuat di dunia nomor 23. Jangan anggap remeh negara yang pernah mengalahkan Amerika Serikat saat Perang Dingin beberapa puluh tahun lalu ini!

Thailand

Di posisi ketiga negara Asia Tenggara terkuat ditempati oleh Thailand. Negara Gajah Putih ini memiliki pertahanan militer yang luar biasa. Di mata dunia pun, Thailand masuk dalam tiga puluh besar negara militer terkuat versi GPF. Thailand sendiri memiliki lebih dari 600 ribu personel militer dengan catatan 360 ribu masih aktif hingga sekarang.

Negara yang dihuni lebih dari 68 juta jiwa ini hanya menganggarkan dana pertahanan sekitar US$ 5.390.000.000 atau sekitar 76,7 triliun rupiah. Thailand memiliki persenjataan yang memadai baik di jalur darat, udara dan laut. Dengan power index 0,4302, Thailand menjadi salah satu negara terkuat dari segi kemampuan menciptakan perang di dunia.

Myanmar

Berada di posisi keempat, Myanmar menjadi salah satu negara Asia Tenggara terkuat dengan kapasitas militer yang lebih besar dibandingkan negara maju di ASEAN seperti Singapura dan Malaysia. Myanmar memiliki skeitar 406 ribu personel aktif yang siap melindungi dan menjaga kedaulatan negara. Mereka memiliki kalkulasi kendaraan perang yang cukup memadai antara lain 434 tank, 1300 kendaraan perang darat, 114 proyektor roket, 1690 artileri, dan lainl-lain.

Di mata dunia, kekuatan militer Myanmar secara keseluruhan menduduki peringkat 37 dari 137 negara. Dengan kucuran dana yang tidak begitu besar yaitu 34,17 triliun rupiah, Myanmar merupakan salah satu negara Asia Tenggara terkuat yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Malaysia

Negeri jiran satu ini memiliki potensi militer yang tak kalah kuat dengan negara ASEAN yang lain. Malaysia masuk dalam lima besar negara Asia Tenggara terkuat versi GPF. Menganggarkan dana pertahanan lebih besar dari Myanmar sekitar US$ 4.700.000.000 atau 66,9 triliun rupiah, Malaysia memiliki 41 ribu anggota militer dengan 11.000 anggota masih aktif. Berdasarkan ranking yang diberikan GPF, kakuatan militer Malaysia berada di peringkat 41 dunia. Kekuatan jalur udara, darat dan laut Malaysia lebih baik dibandingkan negara Singapura.

Singapura

Singapura merupakan negara paling maju di ASEAN meskipun memiliki wilayah paling kecil. Negara yang berada di lokasi strategis ini memiliki kapasitas kekuatan militer yang tidak boleh dipandang remeh. Pasalnya, Singapura menduduki peringkat 59 tingkat dunia berdasarkan potensi mewujudkan perang di jalur udara, laut dan daratan. Negara yang memiliki penduduk hampir 6 juta jiwa ini memiliki personel militer 385 ribu jiwa dengan catatan personel aktif sebanyak 72.500 orang.

Persenjataan yang dimiliki sangat lengkap baik AU, AD dan AL. Negara yang memiliki kawasan laut tak begitu luas ini memiliki 6 kapal perang, corvette, 11 kapal patroli dan 4 perangkat peledak mine warfare. Bagaimana dengan kapasitas militer jalur udara dan darat? Tentu Singapura memiliki kekuatan yang memadai sebanding dengan negara lain yang menduduki peringat atas ASEAN. Total dana pertahanan yang digelontorkan Singapura setiap tahun sekitar US$ 9.700.000.000 atau sekitar 138,12 triliun rupiah.

6 negara Asia Tenggara terkuat di atas mungkin bisa menambah wawasan Anda seputar kekuatan militer negara ASEAN yang menakjubkan. Sebagai negara berkembang, Indonesia wajib bangga menjadi negara dengan kekuatan dan pertahanan data hk terbaik di Asia Tenggara.